Resep Sayur Asem Dan Manfaatnya Untuk Bumil


Ibu hamil memang membutuhkan sejumlah nutrisi yang dapat mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan janin yang dikandungnya. Jenis makanan yang banyak disarankan untuk bumil ialah sayuran, karena sayuran memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh baik untuk ibu hamil ataupun janinnya. Salah satu jenis makanan yang memiliki kuah dengan berbagai jenis sayuran di dalamnya ialah sayur asem. Karena kita akan menemukan lebih dari tiga jenis sayuran, diantaranya buah melinjo beserta daunnya, labu siam, kacang panjang yang segar, jagung manis yang masih muda, asem jawa, kacang tanah. Masing-masing dari sayuran tersebut membawa manfaat tersediri terhadap tubuh. Bagi bumil yang belum tahu cara membuat sayur asem, di bawah ini merupakan resep sayur asem yang mudah untuk dibuat.

1. Bahan Yang Dibutuhkan
Bahan pertama: daun dan buah melinjo, labu siam yang dipotong kecil, kacang tanah yang telah dibuka kulitnya, kacang panjang yang telah dipotong, jagung manis muda yang juga dipotong, asem jawa.
Bahan kedua untuk bumbunya : bawang merah dan putih, kemudian cabe merah yang dihaluskan.
Bahan ketiga : daun salam, lengkuas, garam, gula merah, Royco, terasi yang telah dibakar.

2. Cara Pembuatan
Rebus bahan pertama, dahulukan untuk merebus jenis sayuran yang cukup lama proses matangnya. Setalah semua bahan pertama empuk masukan bahan kedua, kemudian masukan bahan ketiga.

3. Sayur asem siap untuk anda santap dengan nasi yang pulen

Demikianlah resep sayur asem kali ini. Cukup mudah bukan cara pembuatannya? Selanjutnya ada beberapa jenis sayuran dalam sayur asem yang baik bagi kesehatan bumil, diantaranya :
1. Labu Siam
Baik untuk bumil dengan kandungan serat dan asam folatnya yang cukup tinggi.

2. Kacang Panjang
Bermanfaat dalam mengendalikan gula dalam darah, serta mampu memperbaiki fungsi pencernaan.

3. Jagung Manis
Mengandung vitamin B12 yang baik untuk mencegah terjadinya anemia dan kandungan protein yang mampu memperbaiki jaringan otot.

4. Kacang Tanah

Memiliki banyak vitamin serta zat gizi lainnya. Diantaranya terdapat vitamin E, kemudian kalsium yang mambantu pertumbuhan tulang, dan kandungan proteinnya yang cukup tinggi. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Resep Sayur Asem Dan Manfaatnya Untuk Bumil "

Posting Komentar